Kursus di Surabaya



Pages

Minggu, 24 Mei 2015

Tristar Institute Kaliwaron ; Membuat Kreasi Berbahan Coklat

Membuat “Chocolate Showpiece” di Tristar Institute Kaliwaron


Dalam dunia pastry, coklat bisa diaplikasikan menjadi sesuatu yang bernilai seni tinggi yang biasa dikenal dengan chocolate showpiece. Keindahan chocolate showpiece yang menjulang selalu menjadi daya tarik tersendiri. Seperti yang dibuat oleh mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron berikut ini:

Unik dan cantik, mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron jurusan pastry sedang belajar materi mengenai pengolahan Coklat Praline ini tampak asyik bermain-main dengan coklat.  Bersama chef Valentinus Febrian yang cukup berpengalaman di dunia pastry, Chef muda berbakat ini mengajarkan kepada mahasiswa cara membuat chocolate showpiece. Yang dimaksud dengan Chocolate showpiece adalah sebuah miniatur atau patung berbentuk apapun yang berasal dari coklat, biasanya sering dilihat apabila menghadiri pesta-pesta. Nah, untuk bentuk dari showpiece biasanya bergantung kreasi masing-masing chef.
Selama proses pembelajaran, mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron jurusan pastry mendapatkan banyak pembelajaran, diantaranya teknik menangani coklat.  Untuk membuat display showpiece, mahasiswa menggunakan 2 jenis coklat compound yaitu white & dark dengan total sebanyak 5 kg. Pembuatan showpiece ini berbahan full coklat, dimana chef Valen dan mahasiswa dalam menangani coklat lebih berhati-hati karena dibuat dengan cara dilelehkan terlebih dahulu dengan suhu yang sangat pas, kemudian baru mulai dibentuk. Membentuknya bisa menggunakan teknik figurine, yaitu teknik membentuk suatu figure dengan menggunakan cetakan (mold). 

Penasaran’kan? Dengan sangat teliti dan hati-hati, Chef Valen mengajarkan kepada mahasiswa teknik-teknik dan penggunaan alat-alat untuk pembuatan chocolate showpiece ini. Ingin bisa seperti mereka? Tristar Institute Kaliwaron memberikan kemudahan bagi Anda dalam berkreatifitas di dunia pastry untuk menjadi pastry chef profesional. *Upi


Kampus Tristar Culinary Institute, ada di:

Surabaya || Jl. Kaliwaron No. 58 - 60 Surabaya
(031) 8433224-5, 8480821-2, (031) 5999593
0812 3375 2227 ; 0812 3450 6326
Fax. (031) 8432050

Tidak ada komentar:

Posting Komentar