Kursus di Surabaya



Pages

Minggu, 24 Mei 2015

Ujian Praktik Kompetensi Kuliner & Pastry ‘Tristar Institute Kaliwaron’ “Uji Kreatifitas Mahasiswa Dengan Masakan Mancanegara & Kreasi Cake”




Puluhan masakan dari mancanegara dan sajian aneka cake yang mewah ditata cantik diatas meja. Beberapa dosen kuliner dan pastry, diantaranya ada Chef Bagus, Chef Hadi, Chef Hardita dan Chef Valentinus, tampak sibuk menguji rasa hidangan tersebut untuk memberikan penilaian. Pemandangan ini berlangsung selama 2 (dua) hari saat mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron melaksanakan ujian praktik kompetensi kuliner dan pastry.

Kreatifitas mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron menghadirkan hidangan dengan tema yang telah ditentukan kembali teruji. Dari jurusan kuliner tema menu western menjadi pilihan dan mahasiswa membuat masakan mulai dari steak hingga sajian pasta dengan beragam saus. Sedangkan untuk jurusan pastry, kreasi cake yang dijadikan tema utama dalam ujian praktik ini harus tampil menarik.
Hanya dengan waktu kurang lebih 120 menit, mahasiswa harus mampu me-manage waktu yang telah ditentukan untuk membuat produk yang enak dan nikmat dengan seni penyajian yang menarik.
Saat ditemui disela-sela acara ujian, Chef yang terkenal dengan julukan ‘Chef Bedil’ ini menyampaikan bahwa konsep pendidikan di kampus Tristar Institute kaliwaron ini menitikberatkan pada kemahiran mahasiswa dalam bidang kuliner dan pastry. Maka ujian akhir triwulan ini adalah salah satu tolak ukur penilaian bagi mahasiswa untuk diuji kemampuannya dalam bentuk ujian praktik. Dan standarisasi penilaian ujian meliputi tampilan, kreatifitas, tekstur dan rasa, agar nantinya hidangan yang mereka buat mampu bersaing di industri makanan, ungkap Chef Bagus Handoko yang juga dosen pengampu mata kuliah kuliner di Tristar Institute Kaliwaron.




Lantas hidangan apa saja yang dibuat oleh mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron ini? Dari jurusan kuliner, ada 11 sajian menu Western, diantaranya; Tenderloin Steak with Red Wine Sauce kreasi Ayu Nur Wachidah, Tenderloin Steak with Mushroom Tomato Sauce kreasi Ni Komang Dewi, London Breakfast Scotch Egg & Mushroom Sauce Cream kreasi Arif Budi Soesanto, Steak with Chasseur Sauce kreasi Daniar Asfirotul Afidah, Tenderloin Steak with White Sauce & Spinach kreasi Valentina Melissa, Grilled Chicken with Manggo Salsa kreasi Joshua Kevin, Tenderloin Steak with BBQ Sauce kreasi Aprilia Dwi Wulandari, Chicken Spaghetti Pittanesci kreasi Firmansyah Yohan Wahyu P, Tenderloin Steak with Rosemary Sauce kreasi Danang Dwi Pradana, Tenderloin Steak with Pappercorn Sauce kreasi Lani Setiawan, dan Coffe Marinated Steak with Balsamic Sauce kreasi Ridova Akbar. Pastinya semua sajian ini penampilan dan rasanya menggiurkan !

 




Tak beda menggiurkan juga, tengoklah untuk melirik dari jurusan pastry. Penampilan kreasi cakenya yang begitu bersahaja ditambah garnis yang kreatif membuat siapa saja yang melihatnya ingin mencicipi. Diantaranya, ada Tri Angel Dome kreasi Wivan Junior, Red Velvet with Macaron kreasi Haryo Suryo, Green Tea Matcha Cheese Cake kreasi Muhammad Azizi, Sweet Green Lava Cake kreasi Ari Yuswanda, Carrot Cake kreasi Tamara Yen, Gateau Fruit kreasicMarcelina Octavia, Choco Lava Cheese Cake kreasi Sofia Thalib, dan Blanpi Cheese in The Glass kreasi Vincentsia Fanny Gunawan.






 Sangat menarik dan menggiurkan, bukan ? Bagi yang ingin belajar kuliner ataupun pastry seperti mereka, jadilah mahasiswa di Tristar Institute Kaliwaron. Sebuah lembaga pendidikan kuliner & pastry dengan tempat belajar yang didesign dengan interior  yang nyaman, serta laboratorium sebagai tempat praktikum mahasiswa yang sangat representative. *Upi

Kampus Tristar Culinary Institute, ada di:

Surabaya || Jl. Kaliwaron No. 58 - 60 Surabaya
(031) 8433224-5, 8480821-2, (031) 5999593
0812 3375 2227 ; 0812 3450 6326
Fax. (031) 8432050



Email : tristarkuliner@yahoo.co.id
www.sekolahmasak.info
www.sekolahperhotelan.info
www.culbiz.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar