Kursus di Surabaya



Pages

Senin, 03 Desember 2018

Dari Ujian Praktik Masak di Dapur Culinary Tristar Kaliwaron - 37 Mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Buat Kreasi Makanan Bertema ”Indonesian Eid Mubarak 2018”

Dari Ujian Praktik Masak di Dapur Culinary Tristar Kaliwaron

 37 Mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Buat Kreasi Makanan Bertema ”Indonesian Eid Mubarak 2018” 

UJIAN praktik masak mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron selain diikuti mahasiswa Pastry Class, juga diikuti sebanyak 37 mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Triwulan 1 dan 2. Mahasiswa diuji membuat aneka kreasi makanan bertema Indonesian Eid Mubarak 2018 menurut versi mereka sendiri di Dapur Culinary Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, selama dua hari, tepatnya pada Kamis (28/06/2018) dan Jumat (29/06/2018). 
Ujian praktik masak hari pertama, Kamis (28/06/2018) dibagi dua sesi, yakni sesi pagi  digelar pukul 09.00-11.00 dan ujian sesi siang dilaksanakan pukul 13.00-15.00. Sedangkan ujian praktik masak hari kedua, Jumat (29/06/2018), juga dihelat dua sesi, yakni pagi dan siang hari di Dapur Culinary.
Pada ujian praktik membuat kreasi makanan Indonesian Eid Mubarak 2018 hari pertama sesi pagi, yang tampil kali pertama delapan mahasiswa Culinary Class, yakni Muhammad Bagus Widhy W., Rika Elviana, Stefanus Januar Wijaya, Omega Angelecius Indera Sanubari Saputra, Rifqi Azis, Anisa Fitriya Dewi, Diska Atmira Rachma Maulid Putri Bestari dan Dwi Rachmawati Mubarak.
Bagus tampil penuh percaya diri saat menyiapkan makanan kesukaannya yang diberi nama Tengklek Kambing + Nasi Kuning & Perkedel Isi Telur, sedangkan Rica membuat kreasi makanan yang bertajuk Gutami Rica Manado + Nasi Putih.dan Stefenus kerja keras menyiapkan menu Sambal Udang Tahu Tempe.
Tidak mau kalah dengan aksi individu peserta ujian lainnya, Angel pun berupaya tampil all out ketika membuat Kari Rogan Josh, sedangkan Rifqi antusias membuat sajian masakan untuk Hari Raya Idul Fitri andalannya yang diberi titel Ayam Bumbu Rujak.
Selain itu, yang prepare di Dapur Culinary Tristar Institute Kaliwaron adalah Anisa, Gadis berhijab itu menyiapkan menu Lamb Briyani, (dari Medan), sedangkan Diska serius membuat masakan bernama Soto Uwuh + Sate Tempe Mendoan (dari Jogjakarta) dan Rachmawati all out memasak Ayam Goreng Sambal Lucung + Sayur Asam (makanan khas Kalteng). 
Sama seperti mahasiswa Pastry Class, sebelum prepare di Dapur Culinary, mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron diberi modal belanja oleh pihak Akademik untuk beli bahan membuat menu makanan bertema Indonesian Eid Mubarak 2018 @ Rp 60.000,- per orang pada H-1 ujian. 
Namun dalam praktiknya, setiap peserta ujian mesti nombok dari uang sakunya sendiri karena biaya untuk beli bahan membuat masakan Indonesian Eid Mubarak 2018 rata-rata bermain pada kisaran Rp 75.000-Rp 125.000 per orang. 
Selain itu, setiap peserta ujian juga diminta menyerahkan resep cara membuat kreasi produk masakan Indonesian Eid Mubarak 2018 –mengandung unsur karbohidrat, lemak nabati (santan), protein hewani dan nabati seperti daging sapi, daging kambing, daging ayam, ikan, telur, seafood dan tahu + tempe) yang akan dibuat mahasiswa Culinary Tristar Institute Kaliwaron kepada dosen pembimbingnya atau pihak Akademik, sebelum ujian berlangsung.
“Dalam ujian praktik kali ini, setiap mahasiswa Culinary Class (Triwulan 1 dan 2), diminta membuat makanan Indonesia dengan tema Idul Fitri menurut versi mereka sendiri,” kata Chef Afi Yasak, Dosen Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron di ruang kerjanya, Kamis (28/06/2018) siang.
Durasi ujian praktik membuat aneka kreasi masakan di Dapur Culinary Kaliwaron, pagi itu dimulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB. Dengan waktu hanya dua jam, diharapkan setiap peserta ujian sudah bisa menampilkan hasil kreasinya yang sudah di-plating semenarik mungkin di hadapan dewan juri.
Tiga orang juri itu adalah Chef Afi Yasak, Chef Jonatan Mario Alvin dan Chef Fitri Syntiadewi SE ditunjuk menjadi juri pada ujian praktik masak mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron (Kamis (28/06/2018) siang.
Ketiga anggota Dewan Juri itu dengan cermat melihat satu persatu makanan Indonesian Eid Mubarak 2018 hasil kreasi mahasiswa Culinary Class yang sehari-hari diasuh oleh Chef Afi Yasak dan Chef Jonatan Mario Alvin yang akrab disapa Chef Jo. Tidak hanya melihat tampilannya saja, ketiga orang juri itu juga dipersilakan mencicipi satu persatu dari delapan produk hasil kreasi mahasiswa Culinary Class dengan disaksikan peserta ujian.
Dalam ujian kali ini, ada empat kriteria penilaian oleh Dewan Juri yang mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan, yakni plating (penampilan), creativity (kreativitas), texture (tekstur) dan taste (citarasa). 
Delapan kreasi makanan Indonesian Eid Mubarak 2018 persembahan mahasiswa Culinary Class yang disajikan di meja tersebut, tak luput dari perhatian dan dikritisi oleh tiga orang juri berdasarkan empat aspek yakni penampilan, kreativitas, tekstur dan citarasanya. 
”Hal ini demi mendapatkan obyektivitas selama penilaian dan yang nilainya tertinggi memang produk culinary tersebut betul-betul menarik dan lezat ditinjau dari aspek penampilan, kreativitas, tekstur dan citarasanya,” tambah Chef Jo ketika mendampingi Chef Afi Yasak, seusai penjurian, Kamis (28/08/2018) siang.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar