Kursus di Surabaya



Pages

Rabu, 01 Mei 2019

Belajar Front Office sesuai Standar Industri Perhotelan - 18 Mahasiswa Baru Tristar Kaliwaron Belajar ”Front Office Knowledge” di Grand Darmo Suite Surabaya

Belajar Front Office sesuai Standar Industri Perhotelan

18 Mahasiswa Baru Tristar Kaliwaron Belajar ”Front Office Knowledge” di Grand Darmo Suite Surabaya 
SEBANYAK 18 mahasiswa baru Tristar Institute Kaliwaron Konsentrasi Culinary dan Pastry dikenalkan cara kerja Front Office (FO) sesuai standar industri perhotelan di Grand Darmo Suite Surabaya, Kamis (18/10/2018) siang oleh R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Front Office Tristar Group. Tujuannya untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar FO di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.

Rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya siang itu sudah berkumpul di lobi Grand Darmo Suite sekitar pukul 12.30-an WIB. Sedangkan jadwal acaranya sendiri baru dimulai pukul 13.00-selesai. Dosen Front Office (FO) yang mendampingi mahasiswa adalah R. Paulus W. Soetrisno M.Par.
Kedatangan rombongan 18 mahasiswa Akpar Tristar Institute kaliwaron bersama dosen pembimbingnya, siang itu disambut oleh Food & Beverage Manager (FBM) Grand Darmo Suite Surabaya, Prasta Nugraha, Assn. FO Manager Grand Darmo Suite Reggie Alfandi dan Executive Chef Grand Darmo Suite Puguh Kisworo di Rama-Rama Longue.
Sebelum belajar Front Office Knowledge, mahasiswa dibagi dua kelompok (masing-masing beranggotakan sembilan orang), diajak tour hotel lebih dulu oleh FBM Grand Darmo Suite Prasta Nugraha dan staff FO Grand Darmo Suite Surabaya, Widya.
Mereka dikenalkan fasilitas kamar hotel mulai Deluxe Room dengan luasan 32 m2 di lantai 11 dan Executive Room dan Penthouse di lantai 15. Secara keseluruhan hotel bintang empat di bawah pengelolaan Amithya Group ini mengoperasikan 73 kamar termasuk Penthouse yang luasnya 64 m2. Tarifnya mulai Rp 1,2 jutaan hingga Rp 3 jutaan ++ per malam.
Selain showing ke kamar hotel, mahasiswa juga diajak melihat fasilitas hotel yang lain seperti Meeting Room (Airlangga, Jenggala dan Brawijaya), Rest Room, Angling Darmo Restaurant, Main Kitchen dan Swimming Pool & Gym di lantai 2 Grand Darmo Suite Surabaya.
Usai tour hotel selama 30 menitan, rombongan kembali ke Rama-Rama Longue untuk mengikuti acara utama yakni Front Office Knowledge, yang dipandu langsung oleh Assn. Front Office Manager (AFOM) Grand Darmo Suite, Reggie Alfandi. Sedangkan R. Paulus W. Soetrisno M.Par sendiri proaktif mendampingi mahasiswanya mengikuti rangkaian kegiatan Front Office yang dipresentasikan oleh pihak hotel.
Setelah break sekitar 15 menitan, mahasiswa baru Tristar Institute Kaliwaron dikenalkan kepada Assn. Front Office Manager (AFOM) Grand Darmo Suite, Reggie Alfandi, yang dipercaya pihak manajemen hotel untuk menjadi nara sumber seputar sisik melik Front Office (FO) Knowledge.
Dalam pengantarnya sebelum memasuki acara utama, Dosen FO Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, pembelajaran Front Office (FO) sesuai standar industri perhotelan bagi mahasiswa ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen selama belajar di kelas.
“Dengan demikian anak didiknya punya pemahaman sama dalam menyikapi mata kuliah Dasar-dasar Front Office dan sisik meliknya, setelah nantinya mereka bekerja di industri perhotelan,” kata Paulus di hadapan anak didiknya.
Selanjutnya, dalam pemaparannya di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit, Assn. FO Manager Grand Darmo Suite Surabaya Reggie Alfandi mengatakan, di sebuah hotel berbintang, Anda akan menemukan front desk (meja depan). Front desk adalah bagian depan front office (counter), tempat dilakukan proses tamu masuk (check in) dan tamu keluar untuk meninggalkan hotel (check out) serta pelayanan-pelayanan lainnya seperti pembayaran rekening atau informasi lainnya.
Di ruang depan lobi Grand Darmo Suite, Anda juga menemukan meja utama, tempat pendaftaran para tamu hotel di mana terdapat kotak-kotak penyimpanan kunci kamar dan titipan surat-surat dan dokumen penting lainnya. 
Di front desk, Anda akan disambut beberapa karyawan hotel yang bekerja pada bagian administrasi (pendaftaran) tamu, informasi dan kasir. Sedangkan front desk officer adalah penanggung jawab seluruh tugas front desk dengan bantuan receptionist, bell boy, bell captain dan doorman.
Sedangkan front office (kantor depan) adalah bagian kantor hotel yang melaksanakan semua urusan pendaftaran dan penempatan kamar untuk tamu, pemesanan kamar, pembayaran rekening, dan bertindak sebagai sumber informasi kepada para tamu.
Di kantor depan tersebut, Anda akan bertemu front office cashier (kasir kantor depan). Kasir yang ditempatkan di kantor depan hotel untuk menerima pembayaran rekening tamu. Penanggung jawab di kantor depan hotel dipercayakan kepada seorang front office manager atau kepala kantor depan.
Di area depan sebuah hotel, Anda juga bisa menjumpai fasilitas yang disebut front of the house, yakni bagian dari suatu hotel tempat tamu secara langsung dilayani, seperti  front office, restaurant dan bar.
Mengingat begitu tertatanya sistem kerja di Front Office (FO) suatu hotel, maka kemampuan berkomunikasi antarpersonal menjadi salah satu tolak ukur bagaimana kinerja sebuah hotel dalam menyambut tamu yang akan check in maupun check out.
”Keramahtamahan petugas front office sebuah hotel menjadi suatu keniscayaan karena bisnis hotel adalah bisnis jasa yang lebih mengedepankan pelayanan. Makanya, kecakapan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sebagai bahasa utama pergaulan internasional, wajib hukumnya bagi petugas front office,” terang Reggie Alfandi, Assn. FO Manager (AFOM) Grand Darmo Suite, Kamis (18/10/2018) siang.
Sebelum dikenalkan cara kerja Front Office (FO) di industri perhotelan, mahasiswa baru Tristar Institute Kaliwaron sebetulnya juga sudah pernah diajarkan simulasi seputar cara kerja front office, di mana kelompok mahasiswa yang satu yang bertindak sebagai karyawan hotel yang ditempatkan di bagian front office, sedangkan kelompok mahasiswa lainnya dipercaya sebagai tamunya. 
”Modul pembelajaran dalam bentuk fotokopian sudah dipegang oleh masing-masing mahasiswa. Sehingga, saat dosen membimbing anak didik selama proses simulasi, semuanya bisa menjadi lebih mudah,” kata R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Front Office (FO) kepada kru www.culinarynews.info.
Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana mengisi aplikasi room reservation yang benar sesuai dengan standar industri di Front Desk oleh Reggie Alfandi dan staff FO Grand Darmo Suite. ”Jadi aplikasi yang tersaji di dalam formulir itu juga menggunakan bahasa Inggris. Ini semua untuk membiasakan mahasiswa saat mereka terjun di dunia kerja yakni industri perhotelan,” kata Reggie, sapaan akrabnya.
Selama simulasi praktik Front Office di Front Desk Grand Darmo Suite Surabaya, sore itu, 18 mahasiswa baru Tristar Institute Kaliwaron antusias mendengarkan penjelasan dari Asst. FO Manager (AFOM) Reggie Alfandi. Praktik langsung FO tersebut juga disaksikan Dosen Front Office R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Sales Executive Grand Darmo Suite Sinu Ika Putra.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Tristar Institute Kaliwaron dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Kantor Pusat Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar