Kursus di Surabaya



Pages

Rabu, 14 Februari 2018

Ujian Meracik Minuman Bersama Yoseph Agung Priyo Widodo - 28 Mahasiswa D1/D2 Jurusan Pastry Tristar Institute Kelas Pagi dan Siang, Adu Kreasi Meracik Minuman

Ujian Meracik Minuman Bersama Yoseph Agung Priyo Widodo

28 Mahasiswa D1/D2 Jurusan Pastry Tristar Institute Kelas Pagi dan Siang, Adu Kreasi Meracik Minuman 
PADA hari Sabtu (09/12/2017), 28 mahasiswa D1/D2 Jurusan Pastry Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi dan Siang ujian praktik meracik minuman dengan dipandu Yoseph Agung Priyo Widodo, Dosen mata kuliah Bar I di Dapur Pastry Kampus Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya.

Yoseph, sapaan karibnya, menjadi penguji anak didiknya dalam ujian prakrtik meracik empat belas resep minuman non alkohol (mocktail) maupun beralkohol (cocktail) seperti yang telah diajarkan dalam buku ajar Bar I. 
 
Dalam ujian praktik kali ini, dibagi dua sesi. Ujian sesi pertama, 16 mahasiswa Pastry Kelas Pagi dibagi empat kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 3-5 mahasiswa, sedangkan ujian praktik meracik minuman pada sesi kedua diikuti 12 mahasiswa Pastry Kelas Siang. Mereka dibagi dalam tiga kelompok. 
Setiap kelompok diminta membuat dua resep minuman baik mocktail atau cocktail namun oleh dosen penguji waktunya dibatasi maksimum tujuh menit saja, atau untuk membuat satu resep tidak lebih dari 3-4 menit, seperti yang biasa diaplikasikan oleh seorang bartender di industri perhotelan.
Pada ujian praktik sesi pertama, Kelompok 1 yang terdiri dari Dicky Ardian, Hartatik, Rizky Indra S., dan Sofia Rahma Pramudita meracik dua resep minuman kesukaannya yang berjudul Sex on the Beach dan Shirley’s Temple.
Sedangkan anggota Kelompol 2 yang meliputi Devi Andriani Putri, Livia Margarita, Widjiono, Ifadah Dian Ayu Rizqi, Nurvika Maharani dan Tiara Putri F., meracik minuman yang diberi nama Rainbow Drink dan Sunset in Paradise.
Selanjutnya, Kelompok 3 yang anggotanya terdiri atas Olivia Giovanni, Claudya Adeline Yonatan dan Abigail Gabriela pada ujian tersebut meracik minuman yang mengusung tema Virgin Mogito dan Strawberry Kiwi Slushy.
Sementara itu, personel Kelompok 4 yang meliputi Hulinda Putra, Dhea Anggraini, Rizki Arnun, Tian Rochmat dan Andre Setiono berupaya tampil all out ketika meracik minuman andalannya yang dinamai Melon Squash dan Strawberry Soya.
Setelah break sekitar 30 menitan, giliran 12 mahasiswa Pastry Kelas Siang yang tampil dalam ujian meracik minuman sesi kedua di hadapan dua dosen penguji, Yoseph Agung Priyo Widodo dan chef Novi Kumalasari.
Kelompok 1 yang beranggotakan Isasi Wiji S., Michelle, Johan dan Syah Daffa tampil all out ketika dua resep meracik minuman yang berjudul Tropical Sunrise dan Rainbow Mocktail. 
Berikutnya adalah anggota Kelompok 2 yang terdiri dari Elvinna, Yohana, Christine dan Hasbullah, kompak meracik dua resep minuman unggulannya yang diberi nama Blue Monkey dan Tequila Sunrise di hadapan dosen penguji.
Terakhir adalah personel Kelompok 3 yang meliputi Andita Yatnikasari, Jessy Gunawan, Sri Lestari dan Nur Shadrina, juga tidak mau kalah dengan kelompok lainnya dalam meracik dua resep minuman kesukaannya yang dinamai Qomar Mocktail dan Sunset Mocktail.
Kepada kru www.culinarynews.info, Dosen Bar I Tristar Institute Kaliwaron Yoseph Agung Priyo Widodo mengatakan, secara umum ujian praktik meracik minuman ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana atensi mahasiswa ketika diajarkan pengetahuan dasar seputar teknik minuman sesuai panduan buku acara mata kuliah Bar I oleh dosen di kelas.
Dengan bekal pengetahuan tersebut, setiap mahasiswa diharapkan semakin termotivasi untuk tampil sebaik mungkin saat diuji dosen pembimbing pada ujian praktik membuat minuman non alkohol (mocktail) maupun beralkohol (cocktail) di Dapur Pastry Tristar Institute Kaliwaron, dua pekan lalu. 
”Saat ujian praktik meracik dua resep minuman tersebut, setiap kelompok yang menjadi peserta ujian kami batasi waktunya hanya tujuh  menit, mulai menyiapkan bahan hingga meraciknya jadi minuman yang siap disajikan kepada dosen penguji,” terang Yoseph sapaan akrab Yoseph Agung Priyo Widodo.
Praktik meracik minuman ini juga bertujuan mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja
Oleh karena itu, dalam ujian praktik meracik minuman tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) yang diaplikasikan di industri perhotelan. Dalam ujian itu mahasiswa juga kami minta menyusun ingredient (komposisi bahan) dan cara membuatnya,” pungkas Dosen Luar Biasa Akpar Majapahit dan Tristar Institute Kaliwaron ini.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Tristar Institute Kaliwaron, silakan menghubungi Divisi Marketing Terpadu Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar